-->

25 Tempat Wisata diKabupaten Tulungagung Jawa Timur Yang Terpopuler Yang Perlu Anda Kunjungi

25 Tempat Wisata diKabupaten Tulungagung Jawa Timur Yang Terpopuler Yang Perlu Anda Kunjungi 


Tulungagung ialah suatu Daerah yang masih dalam satu Provinsi di Jawa Timur dan tempat pusat pemerintahannya diKecamatan Tulungagung.

Tulungagung juga terkenal dengan salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia. Letak Tulungagung sendiri berada di 154 Km sebelah barat daya dari Kota Surabaya.

Wilayah Tulungagung sendiri terdiri dari dataran rendah, hingga pegunungan. Adapun spesifik dari kota Tulungagung yakni kota Tulungagung memiliki berbagai pemandangan pantai yang sangat menakjubkan, dan di Tulungagung juga terdapat banyaknya wisata air terjun, serta pesona keindahan pemandangan pegunungan.

Adapun Tempat Wisata di Tulungagung terbaru yang sangat beragam dan sangat cocok untuk berwisata para kluarga, kerabat, atau bahkan sahabat yakni, mulai dari wisata alam, hingga wisata sejarah, semuanya telah tersedia di kota ini. Berikut adalah ulasan mengenai tempat-tempat wisata yang direkomendasikan untuk kalian saat berlibur di Tulungagung :

1. Gunung Budheg


Gunung Budheg atau dikenal juga dengan sebutan Gunung Cikrak. Selain itu digunung budheg juga terdapat pantai didalamnya, yangmana pantai ini memiliki ketinggian 585 meter di atas permukaan air laut dan tepatnya berlokasi di Desa Boyolangu.

Selain itu, Gunung Budheg juga terbiasa dijadikan sebagai salah satu lokasi latihan bagi para pendaki pemula. Untuk jalur menuju puncaknya menanjak dengan melalui semak berduri dan diselingi dengan merayap pada bagian pinggiran tebing.

2. Pantai Popoh


Pantai Popoh ialah salah satu tempat wisata pantai Tulungagung yang terpopuler.

Jarak pantai popoh terdapat di bagian selatan kota tulungagung, tepatnya adalah di Kecamatan Besuki.

Terletak dikawasan teluk dengan ketinggian ombak yang tidak terlalu besar. Adapun kegiatan yang bisa anda lakukan disini ialah berenang, dan dapat menyewa perahu guna berkeliling disekitar kawasan teluk.

3.Pantai Coro


Pantai coro mempunyai pasir berwarna putih dan tepatnya berada di Kecamatan Besuki.

Keutamaan dari pantai ini yaitu memiliki titik letak yang tidak jauh dari kota pusat kabupaten.

Untuk perjalanan menuju pantai ini, dapat dituju dari Pantai Popoh menuju ke arah Reco Sewu. Selanjutnya kalian bisa parkir kendaran diReco Sewu, kemudian perjalanan selanjutnya dilanjutkan dengan cara berjalan kaki sejauh beberapa kilometer hingga menuju lokasi.

4. Pantai Sine


Jarak Pantai Sine sekitar 35 Km di sebelah selatan dari Kota Tulungagung. Pantai sine memiliki pasir berwarna putih kecokelatan dan ombak yang cukup besar.


Objek wisata yang satu ini terletak di Desa Kalibatur. Selain itu pantai ini dikenal dengan nama Pantai Matahari Terbit, dan kalian juga dapat melihat berbagai aktivitas nelayan.

5. Pantai Molang


Wisata Pantai Molang terletak di Kecamatan Pucanglaban. Lokasinya sendiri lumayan strategis, karena terdapat di perbatasan antara Tulungagung dengan kota Blitar.

Akses jalan menuju pantai juga terbilang sangat mudah. Karena Begitu sampai di Pucanglaban, kalian akan bertemu denga banyak papan petunjuk yang mengarah ke pantai.

6. Pantai Lumbung


Pantai Lumbung terletak berdekatan dengan Pantai Molang, yakni di Kecamatan Pucanglabang.

Kalian dapat mengunjunginya dengan mengikuti jalur menuju Pantai Molang. Begitu sampai di kawasan tambak, kalian dapat bertanya pada penduduk sekitar mengenai arah menuju Pantai Lumbung.

7. Pantai Pathok Gebang


Pantai ini terkenal dikalangan petualang karena medan menuju pantai terbilang sangat sulit.

Dimana para wisatawan harus menaiki bukit dan menyusuri hutan selama 30 sampai 40 menit dengan berjalan kaki.

Ciri khas dari Pantai Pathok Gebang yakni memiliki karang atau tebing yang ber-ukuran cukup besar dan deburan air yang cukup lumayan tinggi saat diterjang ombak.

8. Pantai Klatak


Pantai ini memiliki bentuk pasir yang berwarna kecoklatan. Objek tempat wisata ini berada diDesa Keboireng, Kecamatan Besuki.

Kegiatan yang biasa dilakukan oleh para wisatawan disini yakni berenang, bersantai dan memancing ikan.

9. Pantai Sanggar


Pantai sanggar memiliki ciri  yakni pasir yang berwarna putih dan air lautnya yang sangat bersih.

Pantai ini merupakan salah satu pantai paling cantik yang ada di Tulungagung.

Mungkin bisa dikatakan bahwa lokasi pantai ini tidak terlalu mudah untuk diakses, namun pemandangan yang ada terbilang sangatlah indah dan menawan.

Pantai ini terletak didesa Jengglungharjo, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Karena pantai ini belum terjamah, maka suasana yang ada sekitar sangatlah alami, asri, indah nan mempesona.

10. Pantai Ngalur


Pantai Ngalur terletak berdekatan dengan Pantai Sanggar, yangmana suasananya tidak jauh berbeda.

Dimana letaknya sama-sama berada didesa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung. Dan memiliki bentuk pasir yang  berwarna putih dan air laut yang
masih sangat jernih.

Pantai Ngalur serta Pantai Sanggar merupakan salahsatu area berlibur yang cocok, karena dengan suasananya yang masih sangat alami.

11. Pantai Brumbun


Pantai brumbun memiliki pasir yang berwarna abu-abu dan terletak di desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung.

Area pantai brumbun cukup luas, sehingga sangat cocok untuk tempat bermain olahraga di sekitar pantai. Begituhalnya dengan suasana Ombak pantai juga terbilang santai, sehingga para pengunjung bisa bermain air laut dengan sesukanya.

Untuk menuju pantai ini, dari pusat kota Tulungagung kalian harus melalui medan yang lumayan berat dengan menempuh jarak sekitar dua puluh dua kilometer.

12. Pantai Kedung


Pantai Kedung Tumpang merupakan salahsatu pantai yang kini sedang tenar/booming oleh parawisatawan.

Pasir Pantai Kedung Tumpang tidak memiliki pasir putih, akantetapi memiliki tebing karang. Daya tarik utama pantai ini ialah terdapat banyaknya lubang alami yang terdapat dikarang dan berbentuk laguna cantik.

Adapun Air pada laguna-laguna tersebut telah memiliki banyak warna biru yang sangat menarik dan cantik, yangmana membuat para pengunjung ingin untuk berenang didalamnya.

13. Pantai Sidem


Lokasi Pantai Sindem berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Pantai Sindem merupakan salahsatu pantai yang terkenal akan  keindahannya yang sangat mempesona dan mengagumkan.

14. Goa Gembyang


Goa Gembyang terletak di Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Goa Gembyang dipercaya sebagai salahsatu tempat dari pertapaan Raden Wijaya sebelum dinobatkan menjadi Raja Majapahit.

Goa Gembyang ialah sebuah goa alam yang ditemukan disisi sebelah timur dari sebuah bukit.

Adapun suasana lingkungan di sekitar goa sangat terlihat asri dan teduh. Selain itu, mulut goa pada bagian dalamnya juga sangat luas dan lebar. Ketika kalian memasuki area goa, maka akan ada kesan mistis yang kuat yang akan kalian rasakan.

15. Goa Selomangleng


Goa ini terletak didua tempat yakni Kediri dan Tulungagung. Goa Selomangleng telah berdiri sejak zaman Airlangga.

Goa Selomangleng terletak di Desa Sanggrahan dan terletak cukup terpencil. Selain itu di Goa ini juga memiliki dua ceruk, dimana masing-masing ceruk menghadap ke arah barat dan kearah selatan.

16. Goa Pasir
Objek wisata yang satu ini berada didaerah Tulungagung Desa Junjung.

Goa Pasir terbentuk dari adanya ceruk besar yang terpahat pada lereng batu besar ditengah hutan.

Bagi para wisatawan yang ingin berwisata di gua ini, maka harus mendaki sejauh 90m diatas permukaan dari bukit karst.

Gua ini sangat terkenal dan sudah biasa dikunjungi oleh para wisatawan muda. Selain itu, di sekitar lokasi gua juga terdapat makam kuno yang biasa disebut oleh warga sekitar sebagai makam dari Mbah Bodho.

17. Gua Tan Tek Sue


Adapun Gua lainnya yang bisa kita datangi dan termasuk dalam peta wisata Tulungagung adalah Gua Tan Tek Sue.

Gua ini sering dikunjung oleh para umat Konghucu terutama disaat perayaan hari besar dari agama Konghucu.

Selain itu, disekitar gua ini juga terdapat banyaknya buah durian yang terkenal dengan nama Durian Bajul.

18. Air Terjun Pandanwangi


Air terjun pandanwangi merupakan salah satu wisata air terjun yang perlu kalian kunjungi, terutama para wisatawan pecinta alam.

Air terjun pandanwangi memiliki ketinggian air terjun berkisar 30m,  yang berada dalam wilayah yang sama dengan Perkebunan Teh.

Yang berlokasi di daerah Sumber Pandan diDesa Ngelurup, Kecamatan Sendang.

19. Air Terjun Lawean


Air terjun Lawean cukup populer didaerah Tulungagung. Adapun Ketinggiannya tidak lebih dari 100m dan memiliki keindahan yang  terbilang sangat luar biasa.

Untuk perjalanan menuju air terjun ini bisa terbilang cukup sulit, namun semua kesulitan itu akan terbayar saat kalian berada dilokasi air terjun tersebut.

Adapun lokasi air terjun tersebut  berada di Lawean, yakni sekitar 25 Km disisi barat daya dari kota Tulungagung.

20. Candi Dadi


Di Candi Dadi kalian dapat  menemukan berbagai sisa-sisa dari bangunan kuno sehingga cocok untuk kalian yang gemar akan sejarah.


21. Candi Penampihan


Candi Penampihan berjarak sekitar 8 Km dari Kecamatan Sendang. Candi ini merupakan salahsatu wilayah Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang.

Situs ini adalah sebuah candi yang berundak dan terasnya membujur dari barat ke timur.

22. Candi Boyolangu


Candi Boyolangu berlokasi di tengah pemukiman dari penduduk, tepatnya di Dusun Dadapan, Desa Boyolangu.

Bangunan induknya terdiri dari 2 teras berundak dan tersisa pada  bagian kakinya.

23. Tebing Banyu Mulok


Wisata lainnya ialah Tebing Banyu Mulok. Yang terletak di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Untuk akses menuju tempat ini sangatlah mudah dan cepat. Dan memiliki pemandangan yang sangat indah dengan suasana yang sangat asri.

24. Bukit Cemenung


Bukit Cemenung terletak di Kecamatan Rejotangan. Menurut beberapa sumber, bukit ini telah menyimpan biji besi dan juga emas.

Terdapat bekas-bekas bangunan yang berada disekitar bukit cemenung yaitu sudah terdapat sejak zaman Belanda.

25. Pantai Pacar


Demikian penjelasan mengenai beberapa tempat wisata yang dapat kalian kunjungi seketika berada didaerah Tulungagung.

Selamat mencoba dan selamat berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu para pengunjung😇🙏 Dan jangan khawatir Terdapat banyak Wisata Kuliner juga didaerah Tulungagung, Selamat Mencoba😇.

For Complete Post, Please Visit Site map



Read Also:

Subscribe by Email

Post a Comment

Translate

Copyright © | by: Me