-->

Wisata Riverboarding Kali Pusur Klaten Jawa Tengah

Wisata Riverboarding Kali Pusur Klaten Jawa Tengah

Wisata Riverboarding Kali Pusur Klaten Jawa Tengah via-Instagram.com 


Wisata Riverboarding terletak di Kecamatan Polanharjo, Klaten Jawa Tengah.

Saat ini wisata Riverboarding belum mendapatkan tempat guna parawisatawan untuk menikmati arung jeram yaitu dengan menggunakan papan yang berada dilokasi tersebut.


Wisata Riverboarding, mungkin lebih dikenal diwilayah Jawa Timur dan wilayah Jawa Barat.


Wisata Riverboarding Kali Pusur Klaten Jawa Tengah via-Instagram.com


Namun kini diKabupaten Klaten ternyata terdapat tempat wisata Riverboarding, yaitu tepatnya di Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Klaten Jawa Tengah.


Adapun salahsatu wisatawan alam yakni Juliyan Beatrik (21), berasal dari Jogja, mengaku bahwa baru pertama kalinya mengetahui dan mencoba tempat wisata alam yang sekaligus tempat olahraga tersebut.


Bahkan yang pada awalnya dirinya yang tidak suka akan berenang, kini mengaku bahwa beliau sangat menikmati tempat wisata di Kali Pusur tersebut.


Wisata Riverboarding Kali Pusur Klaten Jawa Tengah via-Instagram.com


"Saya baru tahu kalau ada riverboarding di Klaten dari teman saya. Saya sebenarnya tidak bisa berenang. Namun asik sekali tadi riverboardingnya. Ingin mencoba lagi di lain waktu," ucapnya, saat istirahat di rest area, di Klaten, Sabtu (3/5/2014) "ujar dia".


Adapun seorang gadis yang menyukai tantangan tersebut, telah mengaku sangat gemar ketika berada didaerah aliran sungai yang terdapat banyak batu.


Pasalnya, saat riverboarding ia dapat merasakan bagaimana keseruan ia saat berada diatas papan riverboarding yang dinaikinya. "Seru saat bisa melenggak-lenggok terbawa arus air yang deras," ucapnya.


Wisata Riverboarding Kali Pusur Klaten Jawa Tengah via-Instagram.com


Wisata Riverboarding awalnya terbentuk karna hobi dari salah satu komunitas pecinta alam, Pasmaja.


Namun disisilain berlanjut menjadi wisata yang dikomersialkan, Meskipun wisata tersebut baru dimulai sejak tahun 2012 lalu. Namun nyatanya berbagai wisatawan yang datang kebanyakan dari luar Klaten, dan tidak sedikit yang telah mencoba berkunjung ketempat wisata.


Tridoyo Suryo Saputro adalah salah satu pengurus wisata Riverboarding.



Tridoyo Suryo Saputro sendiri mengatakan bahwa medan riverboarding yang ada di Kali Pusur tersebut, tepat digunakan bagi wisatawan pemula.


Awalnya, tingkat kedalaman sungai dan tingkat kesulitan medan yang berbatu, tidak membahayakan bagi para wisatawan yang baru pertama kali mencobanya.


Mengarungi aliran sungai dengan menggunakan board (papan) itu tidak ada yang membosankan, justru sangat menyenangkan.


Selain dapat bermain dengan arum jeram yang sangat menyenangkan, parawisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan alam sekitar yaitu dengan mayoritas alami,"  ucap yang akrab dipanggil Doyok itu.


Adapun tempat tujuan wisata yang tergolong masih baru diKlaten itu masih belum terjamah oleh pemerintah daerah yakni sebagai salah satu pencetus dari wisata daerah tersebut.


Beliau mengharapkan bahwasanya pemerintah dapat memperhatikan, terlebih memprioritaskan dan mempromosikan wisata tersebut kepada kalangan sekitar.


Selama mengkomersialkan wisata tersebut secara swadaya, Doyok telah mengaku, bahwasanya ia lebih banyak melayani tamu dari luar daerah dan bahkan para wisatawan asing.


Dengan ketentuan yakni Minimal dalam sekali putaran riverboarding,  enam sampai sepuluh orang wisatawan. Yangmana parawisatawan tersebut akan dikawal oleh tiga hingga empat orang ahlinya," ucapnya.


Adapun sejumlah peralatan bagi pengunjung, telah disediakan sebagai bagian dari keselamatan, misal helm, pelampung, pelindung kali, dan termasuk board-nya.


Jika kalian tertarik untuk mencoba berwisata dan berpetualangan sekaligus olahraga air ini, kalian dapat berkunjung langsung ke Wisata Riverboarding Kali Pusur Klaten Jawa Tengah.


Selamat Mencoba dan Selamat Berlibur, Semoga liburan kalian Menyenangkan😇🙏.

For Complete Post, Please Visit Site map



Read Also:

Subscribe by Email

Post a Comment

Translate

Copyright © | by: Me