-->

10 Lokasi Wisata di Dieng yang Paling Nge-Hitz, Mempesona, dan Terpopuler di Jawa Tengah , Yuk Berkunjung!

 

10 Lokasi Wisata di Dieng yang Paling Nge-Hitz, Mempesona, dan Terpopuler di Jawa Tengah , Yuk Berkunjung!


Suasana alam yang mempesona, indah dan elegan yang wajib kalian eksplor. 

source: instagram.com

Dieng merupakan salah satu wisata yang terletak didataran tinggi . Dimana dataran tinggi tersebut menjadi suatu lokasi wisata yang di andalkan oleh Pemerintah Jawa Tengah. Tak  heran jika lokasi wisata ini menjadi salah satu spot wisata yang diandalkan, karena lokasi ini memiliki banyak destinasi tempat wisata yang bisa sekaligus anda kunjungi disana. 

Dibawah terdapat berbagai lokasi wisata yang di rekomendasikan oleh IDN Times,mengenai berbagai  destinasi atau lokasi wisata di Dieng yang menarik para wisatawan untuk berkunjung tentunya. Yuk mari kita lihat penjelasannya dibawah ini!

1.Telaga Merdada


Telaga Merdada adalah suatu telaga yang terluas didaerah Dieng. Dimana Telaga itu memiliki luas hingga 21 hektare. Dan disekeliling telaga terdapat berbagai lahan ber-undak guna lokasi pertanian tanaman kentang yang menambah ke-indahan sekitar.

Selain itu telaga merdada terletak disekitar 2 buah bukit yang  terjal, yaitu Pangonan dan Sumurup. Mungkin bisa dibilang bahwasannya kawasan wisata ini cukup lumayan sepi, jadi patut untuk kalian yang ingin berkunjung dari hirukpikuk kota.

Telaga Merdada ini terletak didaerah: Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Buka : Senin sampai Minggu  pukul 07.00-16.00 WIB

Harga Tiket Masuk : Rp5.000

36 Lokasi Wisata di Probolinggo Terbaru dan Terunik yang Perlu Kalian Eksplor 

2. Candi Arjuna

source:instagram.com

Candi Merdada terletak didaerah yang lokasinya tidak jauh dengan Kawah Sikidang. Selain itu lokasi ini juga tak jauh dengan lokasi Candi Arjuna. Jadi kurang lengkap jika kalian tidak berkunjung ke Candi Arjuna. Adapun sejarah dari Candi Arjuna yaitu suatu Candi pada  peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang di bangun guna mennyembah Dewa Syiwa.

Selain itu di daerah sekitar Candi Arjuna, juga terdapat beberapa candi lainnya lainnya yang saling berjajaran. Adapun lokasi candi tersebut yaitu terletak diketinggian 2000m diatas permukaan laut. Hingga pemandangan sekitar terlihat begitu indah dan asri yang sangat menarik perhatian para wisatawan untuk lekas berkunjung.

Candi Arjuna terletak didaerah: Karangsari Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Buka : Senin sampai Minggu , jam 01.00 – 00.00 (24jam)

Harga Tiket Masuk: Rp10.000

3. Pendakian Gunung Prau

source:instagram.com

Gunung  Prau merupakan salahsatu gunung yang memiliki bentuk sepertihalnya perahu. Dimana Gunung Prau ini memiliki ketinggian  2.565 mdpl. Seperti biasa saat kita berada diketinggian Gunung, maka kita dapat melihat  berbagai awan-awan putih seperti kapas seketika kita berada dipuncak Gunung Prau. Kalian bisa menikmati indahnya diatas awan , jika anda berkunjung ke Pendakian Gunung Prau.

Untuk kalian yang ingin berkunjung, waktu yang tepat untuk berkunjung ke  Gunung Prau adalah seketika terbitnya matahari dan waktu terbenamnya matahari. Pantulaan cahayanya akan terlihat indah dan membuat kalian semakin terpesonaa. Dan untuk kalian yang ingin mendaki di Gunung Prau, kalian bisa berkunjung dikala musim kemarau

Gunung Prau terletak didaerah : Kab. Batang Kendal,Wonosobo, Jawa Tengah

Buka : Senin sampai Minggu, jam 01.00 – 00.00 (24jam)

Harga Tiket Masuk : Rp15.000

4. Kawah Sikidang

source:instagram.com

Lokasi kawah  sikidang tidak jauh dari lokasi Bukit Sikunir. Arah untuk menuju lokasi kawah sikidang  bisa kita lalui dari arah jalan Wonosobo, dan dari arah ini kita bisa melaluinya lebih cepat dari arah biasanya

Satu lagi informasi yang perlu kalian ketahui seketika kalian berkunjung kelokasi ini, kalian  harus membawa atau memakai masker, guna terhindar dari udara yang berbau belerang yang sangat menyengat, seketika kalian tidak terbiasa oleh bau belerang tersebut.  

Dengan itu kalian disana  bisa menikmati keindahan alam serta keindahan kawah sikidang itu sendiri. Nhaa... Selain itu kalian disana juga dapat meliihat berbagaai macam-macam kerajinan tadisional Dieng hasil dari  warga sekitar. 

Gunung Prau terletak didaerah : Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Buka : setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Harga Tiket Masuk : Rp10 ribu

5. Batu Pandang Ratapan Angin

source:instagram.com

Batu Pandang Ratapan Angin adalah suatu tebing  yang memilki ketinggian  yang bisa diblang lumayan tinggi ini yg lokasinya berdampingan dengan Telaga Warna. Bahkan kalian bisa memandangnya dari lokasi tebing ini, dan ada satu lokasi wisata lagi yang akan terlihat dari tebing ini yaitu Telaga Pengilon.

Untuk bisa ke lokasi destinasi ini, sangat mudah kalian dapatkan. Yaitu kalian bisa melalui Akses masuk yang lokasinya  berada  didekat  wisata Dieng lainnya, misal Candi Arjuna, Kawah Sikidang, danTelaga Warna. Jika kalian tempuh melalui akses Kota Wonosobo, maka perjalanan yang kalian lalui akan  memakanwaktu sampai 1jam, dengan waktu tempuh 27km.

Gunung Prau terletak didaerah : Jalan Raya Dieng , Dieng  Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Buka : setiap hari jam06.00 sampai 17.30 WIB

Harga Tiket Masuk : Rp10.000

 6. Telaga Warna

source:instagram.com

Telaga Warna merupakan salah satu telaga yang menjadi objec wisata andalan para wisatawan. Karena Telaga Warna memiliki keindahan yang membuat takjup parawisatawan, hingga lokasi ini adalah salah satu lokasi yang sangat dikagumi. 

Selain itu Telaga Warna memiliki luas yang bisa dibilang sedang-sedang saja , memiliki eksotis untuk para wisatawan berkunjung lagi dan lagi karena warna air yang sangat cantik dan menarik.

Ada salah satu spot yang menjadi spot terfavorit para wisatawan yaitu jembatan kecil yang sisinya dari kayu dimana  dapat menjadi salah satu spot foto terkece yang lokasinya berada dipinggir telaga.

Jangan lupa sempatkan untuk berfoto siejenak, dijamin pasti hasil view yang kalian dapatkan  akan sangat indah. Selain itu disekitar lokasi juga terdapat beberapa goa yang letaknya berada di sekitar telaga yang mempunyaisejarah bagi wargasekitar.

Gunung Prau terletak didaerah : Dataran Tinggi Dieng, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Buka : setiap hari dari jam 08.00 sampai 17.30 WIB

Harga Tiket Masuk : Rp10.000

7. Candi Gatotkaca

source:instagram.com

Candi Gatotkaca adalah salah satu candi yang berlokasi di Kawasan Dieng Kabupaten Banjarnegara, candi gatotkaca masuk salahsatu”Cagar Budaya” Provinsi Jawa Tengah. Sejarah dari Candi Gatotkaca diambil dari tokoh cerita rakyat Mahabarata.

Candi Gatotkaca di bangun pda massa kepemerintahan Ratu Sima. Akan tetapi candi ini  baru di temukan ditahun1814. Dimana bangunan candi ini terlihat  tua , yang memiliki banyak sejarah, yang bisa menjad salahsatu sarana guna menaambah wawasan.

Disekitar wisata ini juga terdapat “Museum Kailasa” yangmana dimuseum ini kita dapat mengetahui berbagai informasi mengenaii sejarahi Dataran Tinggi Dieng. Selain itu di Candi Gatotkaca kalian akan menemukan aartefak artefaktua, akantetapi akan terlihat memukau.

Gunung Prau terletak didaerah : Dieng Kulon ,Batur, Karangsari, Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah

Buka : Senin sampai Minggu jam 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk : Rp10.000

8. Bukit Sikunir


source:instagram.com

Tempat untuk mendapatkan view “golden sunrise” didieng yangpaling  indah, keren danmemesona, kalian bisa berada diBukit Sikunir. 

Keiindahan warna ke-merahan kekuningan di waktu pagi hari,akan membuattmu lebihtakjub, hingga di sarankan kalian yang ingin berkunjung ke bukit ini, alangkah baiknya seketika mencapai puncak bukit dikala jam  

Gunung Prau terletak didaerah : Desa Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo Jawa Tengah

Buka : Senin-Minggu jam 02.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk : Rp12.000

9. Telaga Pengilon


source:instagram.com

Telaga Pangilon kerrap di kaitkan dengan sebuah legendadan mitos oleh warga sekitar, akan tetapi telaga ini memiliki  keindahan yang  tidak bisa terpungkiri akan keindahannya. Telaga ini hampir memiliki kesamaan dengan Telaga Warna, akan tetapi yang membedakan antar kedua Telaga ini adalah dari kejernihan  airnya. Dimana Telaga Pangilon memiliki air yang lebih jernih dari Telaga Warna.

Ditelaga Pengilon memiliki warna air yang sangat jernih dan terdapat banyak ikan-ikan ditelaga ini. Dan di telaga ini juga, warga bisa memanfaatkan airnya guna pengairan tanaman yang di sawah.

Gunung Prau terletak didaerah : Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo Jawa Tengah

Buka : Senin-Minggu jam 06.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk : Rp10.000

10. Gardu Pandang Tieng


source:instagram.com

Gardu Pandang Tieng merupakan salahsatu lokasi wisata yang selalu dipadati oleh para pengunjung. Lokasi ini ramai diwaktu pagi hari, yang mana mereka berbondongbondong untukmemburu keindahan ‘sunrise’.

Selain itu di lokasi sebelah selatan, kalian dapat melihat keindahan Gunung Sindoro dan desa Tieng. Waktu yang akan kalian tempuh nantinya sekitar 30menit dari Wonosobo. Pemandangan sejuk nan indah ini yang akan membuat kalian semakin nyaman dan enggan untuk meninggalkannya.

Gunung Prau terletak didaerah : Jalan Raya Dieng, Tieng, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Buka : Senin-Minggu jam 01.00-00.00 (24jam)

Harga Tiket Masuk : Hari Senin - Jumat Rp7.500,- dan Hari Sabtu - Minggu Rp 8.500,-

Itulahmacam-macam lokasi wisata di Dieng yang paling menarik dan wajib kalian kunjungi.Kira-kira lokasi mana yang ingin kalian kunjungi lebih dulu??  Komen dibawah yaaa 😇

Terimakasih, semoga berkah dan informasinya dapat membantu kalian 🙏

 

For Complete Post, Please Visit Site map



Read Also:

Subscribe by Email

Post a Comment

Translate

Copyright © | by: Me