-->

15 Tempat Wisata di Tuban Jatim yang Lagi NgeHits, Terpopuler, Dan yang Perlu Kalian Kunjungi

15 Tempat Wisata di Tuban Jatim yang Lagi NgeHits, Terpopuler, Dan yang Perlu Kalian Kunjungi


Tempat Wisata dikabupaten Tuban memiliki tempat wisata yang sangat menarik, yang perlu anda kunjungi ketika anda berlibur di kota Tuban Jatim.

Berbagai tempat wisata-wisata menarik yang berada disekitar kota tuban, seperti halnya wisata alam, religi, dan pantai yang sangat indah yang menarik perhatian pengunjung tentunya.

Di kota Tuban memiliki banyak khas kuliner tentunya. yakni salah satunya makanan dan minuman yang cocok untuk anda yang pecinta kuliner dan hear dalam berwisata kuliner.

Di kota tuban sendiri juga menyediakan berbagai hal oleh-oleh bagi anda yang ingin membawakan oleh-oleh keluarga atau bahkan kerabat anda. Misal oleh oleh dalam bentuk makanan, minuman atau bahkan cinderamata.

Dibawah adalah 19 objek wisata dikota Tuban Jatim yang perlu  anda kunjungi.  Taraaaaaa...

Tempat Wisata Pantai di kota Tuban


1. Pantai Boom Indah nan Mempesona

Pantai Boom Tuban-via Instagram.com 

Lokasi Pantai Boom terletak  disekitar 150m disebelah utara alun-alun kota Tuban. Yang terletak diDesa Kutorejo, Kecamatan Tuban.

Tempat tersebut terdapat daratan yang menjorok ke laut sekitar 800m dari alun-alun.

Disekitar pantai boom juga terdapat 2 sumur yang dibangun dengan bangunan berarstitektur Jawa yang uniknya bisa mengeluarkan air tawar.

Awal kita memasuki pintu masuk pantai boom, didepan tepatnya terdapat dinding bangunan sumur Dan terdapat prasasti sebagaimana menggambarkan sejarah pantai Boom.

Pantai boom dahulu merupakan sebuah pelabuhan pada zaman Kerajaan Majapahit.

Selain itu, anda bisa masuk ke obyek wisata dengan membayar biaya masuk sebesar 2.500 rupiah setiap orangnya.

Pantai Boom Tuban-via Instagram.com

Pantai boom merupakan salah satu pantai yang indah, sejuk dan terdapat banyak spod untuk berfoto.

Selain itu didalam wisata pantai boom juga terdapat banyak wahana untuk bermain tentunya.
Pantai Boom Tuban-via Instagram.com

Tau ndak keindahan yang dimiliki pantai boom??

Hmmmmmmm......

Bagi yang belum pernah mencoba kepantai boom, seharusnya segeralah anda berkunjung dan menikmati indahnya pemandangan, angin sepoi-sepoi, dan bisa juga loh memancing disitu😁. Super lengkap bukan.

Sudah indah, menawan, cantik, di tambah lagi suasana pantai yang menenangkan, sangat cocok bukan untuk merefres pikiran anda akan jenuhnya beraktivitas disetiap harinya.

Pantai Boom Tuban-via Instagram.com

Selain bisa menikmati pemandangan dan melihat sunset dan sunrise, kita juga bisa serta berlayar di pantai menggunakan perahu nelayan. So sweet nan Indah bukan?😁.

Duhh.. Bahagianya... Apalagi bila bersama pasangan... Pasangan halal tentunya😇. Hehehee...


2. Wisata Pantai Kelapa

Pantai kelapa, seperti halnya namanya kelapa. Kenapa dinamakan pantai kelapa??? Karna ciri utama pantai ini adalah banyaknya pohon kelapa disekitar pantai😁.

Wisata Pantai Kelapa-via instagram.com 

Pantai kelapa ini berlokasi didesa Payuran. Dimana terletak dibagian wilayah timur Kabupaten Tuban.

Dipantai ini anda dapat menikmati berbagai panorama pemandangan indahnya pohon kelapa disetiap pinggir pantai yang menawan hati.

Wisata Pantai Kelapa-via instagram.com 

Pemandangan indah sejuk, angin sepoi-sepoi diiringi indahnya dedaunan yang bergoyang diiringi ombak yang bersautan, indah bukan.

Di sekitar pemukiman pantai, juga sering digunakan sebagai tempat Outbon maupun perkemahan.

Wisata Pantai Kelapa-via instagram.com 

Mungkin karna keindahan pantai ini yang masih tergolong sebagai pantai alami. Yang membuat suasana masih Asri, indah dan menawan. Tentunya membuat para pengunjung menjadi jatuh hati dan tak mau lepas akan keindahanya😁.


3. Pantai Cemara

Pantai Cemara Tuban-via instagram.com 

Pantai cemara  merupakan sebuah pantai yang indah akan pemandangan pohon cemara.

Dimana pemandangan tersebut terletak pada sisi kehijauan pohon cemara yang berada di bibir pantai, yang tertata rapi layaknya barisan.

Pantai Cemara Tuban-via instagram.com 

Pepohonan cemara terletak dipinggir pantai, rindang, teduh, yang membuat suasana keindahan pantai lebih menarik.

Selain itu di kawasan pantai cemara juga terdapat Mangrove centre yang di kelola oleh perorangan.

Kalian dapat berkunjung dimangrove centre ini tanpa harus dengan biaya yang cukup besar, cukup dengan biaya yang di gunakan, misal seketika membayar biaya penggunaan listrik dan air bersih. Jadi bisa dikatakan tergolong murah.

Di sekitar pantai juga terdapat fasilitas gazebo yang dapat kalian gunakan tempat berteduh, sembari bersantai untuk menikmati suasana keindahan pantai.

Pantai ini juga aman digunakan untuk berenang dan bermain, karena pantainya yang dangkal, serta ombak pantai yang relatif tenang.

Selain itu, anda juga bisa Camping dipantai ini, guna menikmati suasana pantai dimalam hari. Sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan anda.


4. Pantai Sowan


Pantai Sowan Tuban-via instagram.com 

Pantai sowan terletak di pinggir jalan Pantura, yang berada di Desa Bogorejo Kec. Banjar  Kab Tuban, Tepatnya di Dusun Sowan.
Pantai Sowan Tuban-via instagram.com 

Pantai tersebut memiliki pemandangan yang menawan, indah dan mempesona.

Pantai tersebut di kenal dengan “Wana Wisata Sowan”, jadi kalian dapat bertanya kewarga sekitar mengenai wana wisata pantai sowan.

Selain itu, di tepi pantai ini juga terdapat hutan yang memiliki luas mencapai 32 hektar, dengan suasana pemandangan yang hijau dan rimbun.

Adapun berbagai macam jenis tumbuhan yang tumbuh subur di hutan sekitar pantai sowan, misal pohon klampis, pohon mahoni, dan pohon trembesi.

Pantai Sowan Tuban-via instagram.com 

Wisata pantai sowan ini di kelola oleh KPH perhutani Kabupaten Tuban.

Adapun suasana pantai sowan ini identik dengan cuaca panas, akan tetapi seketika disekitar pantai ini kalian akan merasakan suasana yang sangat sejuk, Adem dengan angin yang sepoi sepoi, karena terdapat banyaknya pepohonan yang rindang dan hijau disekitar pantai.

Dimana sangat cocok untuk tempat wisata dituban bersama keluarga anda maupun kerabat dekat.


5. Pantai Pasir Putih Remen

Pantai Pasir Putih Remen Tuban-via instagram.com 

Tau ndak kalian mengenai pasir putih Dikota tuban ini???

Pantai remen atau biasa disebut pantai pasir putih, ini sekarang lagi booming boomingnya loh..

Tau kenapa?????

Karna keindahan suasananya.. Mungkinn... Bisa jadi... Hehehehe..

Inilah alasan kenapa pantai pasir putih sekarang lagi ngehits, salah satunya mungkin karna keindahan suasana dipantai, bersih, Indah, menawan, dan terdapat banyak spot untuk berfoto tentunya.

Tapi dilain sisi juga karna banyak pepohonan yang indah, dan tertata rapi.

Dan tentunya terlalu banyak wisatawan yang mengunggah foto ke akun sosial media mereka masing".

Dan tentunya, karena keindahan pantai ini sangat instagramable.
Pantai Pasir Putih Remen Tuban-via instagram.com 

Adapun letak pantai pasir putih berada di Desa Remen, Kec Jenu, Tuban Jawa Timur. Dimana jaraknya tidak jauh dari PLTU tanjung awar-awar.

Pantai dengan ciri khas pasir yang berwarna putih dan, yang mempesona ini, di resmikan pada tahun 2015. Jadi wisata pantai pasir putih ini masih tergolong wisata baru.

Fasilitas dan sarana prasarana pantai pasir putih ini di kelola mandiri oleh warga sekitar. Disekitar pantai juga terdapat tenda-tenda warung warga yang menjajakan dagangannya.

Pantai pasir putih tergolong pantai yang sangat bersih, alami, indah, tertata dan rapi. Jadi jangan sampai terlewatkan dengan keindahanya ya.😁


6. Pesona Air Terjun Nglirip

Wisata Air Terjun Nglirip Tuban-via instagram.com 

wisata tuban selanjutnya adalah air terun nglirip yang berada di Desa Mulyo agung Kec Singgahan, tepatnya di Dusun Jojogan Kabupaten Tuban.

Jaraknya dari kota tuban kuranglebih sekitar 37 km menuju arah barat daya.

Wisata Air Terjun Nglirip Tuban-via instagram.com

Air terjun nglirip merupakan salah satu wisata air terjun yang sangat terkenal dan cukup populer di destinasi wisata yang ada di Kota Tuban.

Air terjun nglirip memiliki ketinggian sekitar 30m, dan pada musim kemarau airnya mimiliki warna indah yakni warna Biru tosca.

Bisa kita bayangakan, sangat indah bukan? Sayang sekali jika liburan anda di Tuban tanpa menyambangi air terjun ini.

Tetapi terdapat banyak cerita miris dan mistis mengenai asal usul air terjun ini.

Padadasarnya air terjun ini setiap tahunnya telah memakan korban, dimana tumbalnya itu seorang gadis perawan, jadi berhati-hatilah seketika anda berkunjung ketempat ini dan tentunya tak lupa mengucap salam seketika masuk kearea wisata Dan jaga sikap yang baik.


7. Air Terjun Lembah Bongok

Air Terjun Lembah Bongok Tuban-via instagram.com 

Wisata air terjun ini, masih belum terlalu banyak pengunjung, dikarenakan belum ditemukan jalan yang mudah untuk berkunjung kewisata.

Akan tetapi seketika anda sudah melalui jalan tersebut, rasa Lelah anda akan terbayarkan seketika anda sampai diair terjun lembah bongkok.

Karena apa??? Karna melihat panorama alamnya yang sangat mengagumkan.

Suasana tenang dan sunyi yang pastinya akan membuat diri kita menjadi lebih fresh, pikiran yang lagi jenuh akan suasana perkotaan akan terobati seketika.

Disini ada dua air terjun. Dimana aliran air terjun ini sering digunakan oleh wisatawan untuk mandi dan bermain.


8. Goa Ngerong

Goa Ngerong Tuban-via instagram.com

Digoa ngerong kalian bisa melihat berbagai keindahan goa, yang dihiasi dan dihuni berbagai ribu kelelawar yang bergelantungan didinding dan atap goa.

Goa Ngerong Tuban-via instagram.com

Kalian dapat melihat goa ngerong dengan menyusuri sungai yang ada di dalam goa, dengan menggunakan perahu karet sambil penikmati berbagai panorama keindahan pemandangan goa yang sangat eksotis.

Goa ngerong mempunyai kedalaman sekitar 1000m.

Didalam goa ngerong terdapat air terjun yang sangat indah, jadi jangan sampai kalian tidak mengunjungi tempat ini saat berlibur di Tuban Jawa Timur.


9. Pesona Goa Akbar 

Pesona Goa Akbar Tuban-via instagram.com

Keindahan goa akbar akan terlihat lebih indah menawan, seketika anda berada didalamnya.

Keindahan staklamit dan staklatitnya sungguh indah dan menawan.

Padadasarnya goa Akbar pernah di tinggali sunan Kalijaga, ditempat ini juga tersedia Paseban wali, tempat wudhu,dan Mushola.

Pesona Goa Akbar Tuban-via instagram.com

Goa ini akan ramai seetika hari libur.

Letak goa ini berada dibelakang Pasar Baru Kabupaten Tuban.


10. Goa Putri Asih

Goa Putri Asih Tuban-via instagram.com

Goa yang memiliki keindahan ornamen yang sangat mempesona.

Seperti halnya ornamen stalakmit, stalaktit, gordyn dan pillar penyangga goa yang mempunyai keindahan yang sangat mempesona.

Keindahan goa putri asih tidak hanya itu, dimana didalam goa juga terdapat banyak ornamen-ornamen unik dan indah seperti halnya Helektit, Heksentrik, Strav, Soda dan lelehan Flow stone, yang meleleh dan menyatu dengan tanah yang membentuk ornamen menjadi indah yang biasa kita sebut Calcite floor.


11. Goa Suci

Goa Suci Tuban-via instagram.com

Goa suci yang indah, terbentuk secara semi alami, dimana bentuknya menyerupai pahatan.Tetapi goa ini terbuat pada zaman purbakala.

Karena didalam goa terdapat angka jawa yang bertuliskan 1026, yang menunjukkan bahwa pahatan ini dibuat pada waktu itu.

Goa Suci Tuban-via instagram.com

Goa suci merupakan salah satu peninggalan Majapahit pada zaman dahulu.

Letak goa suci berada di daerah penambangan kapur. Yang biasa digunakan sebagai tempat bertapa, semedi dan menyendiri guna menenangkan pikiran. Atau biasa digunakan orang untuk mendapatakan sebuah ilmu seperti ilmu kebatinan.


12. Goa Kancing 

Goa Kancing Tuban-via instagram.com

Goa kancing memiliki bentuk yang unik, tau kenapa dibilang unik???? Karna bentuk dari gua itu tersendiri.

Goa kancing memiliki bentuk sepertihalnya lubang yang menyerupai sumur yang indah.

Kenapa dibilang seperti halnya sumur????

Karena kedalaman goa ini hanyalah sekitar 4 sampai 5 Meter.

Tidak terlalu dalam bukan?

Tetapi keindahan goa ini bukan pada Goanya, akan tetapi pemandangan alam yang berada di sekitar Goa.

Goa Kancing Tuban-via instagram.com

Yaitu tebing-tebing yang indah. Tebing indah ini sangatlah tepat untuk dijadikan  sebagai tempat hanting, karena terdapat view yang indah, yang tersaji di tempat ini, sangatlah cocok bagi anda yang suka fotografi atau berselfi ria😁.


13. Pemandian Bektiharjo 


Pemandian Bektiharjo Tuban-via instagram.com

Menurut cerita pemandian ini merupakan salahsatu pemandian yang menjadi cikal bakal Tuban.

Tau kenapa????

Karena keunikannya.

Uniknya pemandian ini yaitu mengeluarkan sumber air yang bersih, yang tidak pernah surut meskipun pada musim kemarau.

Tutur warga sekitar, kata Tuban itu berasal dari pemandian ini.

Mengadopsi kata “meTU Banyune”, dalam bahasa Indonesia “Keluar airnya”.

Di obyek wisata ini kalian bisa melihat monyet yang hidup di sekitar pemandian.

Uniknya kera disini jinak dan tidak jahil. Jadi sangat bersahabat jika di ajak bermain.

Pemandian Bektiharjo Tuban-via instagram.com

Adapun fasilitas kolam renang untuk anak-anak yang dilengkapi dengan wahana permainan air yang mengasyikkan.

Jadi tempat ini tepat untuk destinasi liburan anda beserta keluarga


14. Pemandian Air Panas Prataan

Pemandian Air Panas Prataan Tuban-via instagram.com

Sumber air panas di pemandian ini berasal dari mata air alami.

Pemandian Air Panas Prataan Tuban-via instagram.com

Warga sekitar percaya bahwa ketika berendam dipemandian ini, kita bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit.

Pegal-pegal dan penyakit lainnya, tempat ini selalu ramai akan pengunjung yang berasal dari Tuban dan Daerah lainnya.


15. Watu Ondo 


Watu Ondo Tuban-via instagram.com 

Tepatnya di Desa Bektiharjo. Kec Semanding, Tuban Jawa Timur.

Di desa ini kita akan bertemu dengan wisata watu ondo.

Kenapa disebut watu Ondo, karena bentuknya menyerupai tangga, akantetapi terbuat dari batu.

Watu ondo sendiri dalam bahasa Indonesia berarti Batu Tangga.

Watu Ondo Tuban-via instagram.com 

Ditempat ini, anda bisa melihat berbagai keindahan alam yang sangat menakjubkan dari atas watu ondo ini.

Apabila anda ingin menaiki watu ondo ini, anda harus menyiapkan fisik dan kekuatan yang prima.

Fungsi watu ondo sendiri di gunakan sebagai jalur akses Dusun Mbogor, Dusun Ngendut, Dusun Sencang dan Dusun Medokan.

Anda pasti akan terlena, jika anda bisa sampai dipuncak watu ondo ini.

Watu Ondo Tuban-via instagram.com 

Karena pemandangan dari atas watu ondo ini, sangatlah indah, menawan dan mempesona.

For Complete Post, Please Visit Site map



Read Also:

Subscribe by Email

Post a Comment

Translate

Copyright © | by: Me